Mudik Pakai Motor Matic? Ikuti Dulu Tips Berikut Ini

 BANDA ACEH – Tidak lama lagi lebaran tiba, anda yang berada di perantauan pastinya sedang bersiap-siap untuk pulang kampung alias mudik. Bagi yang mudik menggunakan kendaraan umum tentunya tidak banyak yang perlu dipersiapkan, kecuali tiket.

Namun bagi anda yang berencana mudik dengan kendaraan pribadi sebaiknya melakukan persiapan matang sebelum memutuskan untuk melalui rute yang panjang dan tentunya melelahkan. Kendaraan yang paling sering digunakan untuk mudik adalah sepeda motor, terutama bagi anak-anak muda yang menyukai cara praktis dan fleksibel.

Tapi bagaimana dengan anda yang mempunyai motor matic? Meskipun motor ini dirancang untuk jalur mulus dalam kota, bukan berarti tidak bisa dipakai untuk mudik dengan rute yang jauh lho. Asalkan memperhatikan beberapa tips yang diberikan oleh Rahmad, kepala bengkel matic AHAAS Banda Aceh.

Kepada The Atjeh Post, Kamis, 2 Agustus 2012 kemarin, Rahmad berbagi tips mengenai kendaraan matic yang akan dipakai untuk mudik. Yuk intip tipsnya:

  • Sebelum digunakan motor sebaiknya disservice terlebih dahulu sehingga jika ada yang tidak beres dengan kendaraan anda bisa cepat diketahui, dengan begini perjalanan anda tidak akan terganggu.
  • Perhatikan oli mesin, ban, serta angin tekanan ban, dan rem. Ini menjadi faktor utama dalam berkendara, selain membuat anda nyaman juga akan meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat human factor.
  • Jika perjalanan terlalu jauh sebaiknya mengganti busi kendaraan, tujuannya agar proses pengapian berjalan lancar.
  • Cek tali kipas apakah masih bagus atau tidak, jika kendaraan anda mulai terasa bergetar itu artinya harus segera dicek.
  • Khusus untuk Honda Vario, karena menggunakan air radiator yang berfungsi sebagai pendingin maka perlu diganti atau ditambah airnya.
  • Hal spesifik lainnya pada motor matic Honda yang baru seperti Vario Techno adalah sistem PGMI FI, yaitu sistem pengapian injeksi tanpa menggunakan karburator. Untuk memeriksa dan menservisnya tidak boleh di sembarang bengkel, karena untuk memeriksanya memerlukan alat khusus yang disebut HIDS, karena itu sebaiknya disservice di bengkel resmi.[GA]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: