Mobil Wajib Pasang Kamera Belakang di 2014

Ilustrasi kamera belakang

Washington, KompasOtomotif – Setiap tahun, sekitar 100 anak – anak dan 200 orang dewasa meninggal akibat ditabrak mobil yang sedang mundur (parkir).  Penelitian dari Lembaga Nasional Keselamatan Jalan-raya (NHTSA) di Amerika menyebutkan kejadian tersebut diakibatkan pengemudi tidak mengetahui kondisi di belakang dengan jelas.

Angka tersebut bisa ditekan bila mobil dilengkapi kamera untuk mengetahui kondisi di belakang. New York Times (NYT) melaporkan bahwa NHTSA,  minggu ini berencana mengumumkan perihal peraturan baru penggunaan kamera belakang dan layar monitor  untuk setiap mobil baru di 2014.

Konsekuensinya, konsumen akan dibebani biaya pemasangan, sedang mobil baru akan ada kenaikan harga mobil sekitar 160 – 200 dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 1,4 – 1,7 juta. Namun dana tersebut menurut pemerintah AS cukup masuk akal guna mencegah terjadinya 17.000 meninggal akibat tabrak belakang.

Clarence Ditlow, Direktur Auto Safety yang berbasis di Washington menyatakan pada NYT, meskipun pemerintah mengakui dalam perbandingan antara biaya program ini dan jumlah korban yang diselamatkan kurang setimpal apalagi jika dikomparasi dengan sektor keselamatan lainnya. Namun secara moral angka tersebut masih bisa dipertimbangkan. Bagaimana rasanya ketika orang tua secara tidak sengaja membunuh anaknya karena insiden tersebut, tentu peristiwa itu  tidak akan pernah dilupakan bahkan bisa berdampak trauma.  Jadi,  perangkat  tersebut amat penting sebagai langkah preventif

sumber: kompas otomatif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: